Sabtu, 06 Maret 2010

sulap tanggal lahir

Mudah sekali menebak tanggal dan bulan penting dalam hidup kita. Misalkan saja kita ingin menebak tanggal dan bulan kelahiran seorang sahabat. Dengan bergaya seperti seorang pesulap, lakukanlah hal-hal berikut ini secara meyakinkan (jangan lupa, perintahkan sahabat kamu untuk menyiapkan kalkulator):

1. Andaikan bulan dengan angka yang sudah dipahami oleh semua orang, misalnya Januari = 1, Februari = 2, dan seterusnya.
2. Suruh sahabatmu itu untuk mengalikan angka bulan dengan 5. Biarlah hasilnya disimpan hingga kapan kamu menunjukkan sulap yang menakjubkan.
3. Hasilnya ditambahkan dengan 7.
4. Lalu, kalikan hasilnya dengan 4.
5. Hasil akhirnya ditambahkan lagi dengan 13.
6. Setelah itu, kalikan lagi dengan 5.
7. Jika sudah, tambahkan hasilnya dengan tanggal kelahiran.
8. Nah, terakhir kalinya adalah dikurangi dengan 205.
9. Hasilnya, serahkan ke kamu. Dari hasil yang disodorkan itu, kamu pun bisa menebak tanggal dan bulan kelahiran sahabatmu itu. (Rahasianya: jika hasilnya 3 digit, satu digit pertama adalah bulan kelahiran dan dua digit terakhir adalah tanggal kelahiran. Apabila hasilnya 4 digit, maka dua digit pertama adalah bulan kelahiran dan dua digit terakhir adalah tanggal kelahiran.)

Silakan sobat baraya melihat kekaguman di wajah mereka….

Rahasia dari sulap ini sebenarnya mudah dan bisa diketahui dari rumus matematika yang sudah dipelajari di sekolah. Jika bulan dimisalkan dengan simbol ‘n’, urutan-urutan sampai nomor 6 akan menjadi persamaan matematika = 5 [ 4(5n + 7) + 13 ]. Hasil ini didapat dari perkalian 5 dan penambahan 7, yaitu 5n + 7. Kemudian perkalian 4 dan penambahan 13, yaitu 4(5n + 7) + 13. Hingga akhirnya perkalian dengan 5.

Hasil akhir dari persamaan itu adalah: 5 [ 4(5n + 7) + 13 ] = 5 [20n + 28 + 13] = 5 [20n + 41] = 100n + 205. Nah, akhirnya dikurangi 205 yang menjadi hanya 100n. Inilah rahasia sulap yang sebenarnya. Perkalian dan penambahan, hingga pengurangan dengan angka berapa pun sebenarnya tidak menjadi masalah, asal hasil akhirnya adalah 100n. Proses yang rumit dengan cara dikalikan, ditambahkan, lalu dikurangi yang berulang-ulang sebenarnya hanya untuk menutupi rahasia ini.

Seperti kita ketahui bersama, berapa pun angkanya (apalagi hanya angka 1 sampai 12 yang mewakili angka bulan) pasti akan menghasilkan 100 sampai 1200. Satu digit (jika hasilnya tiga digit) dan dua digit (jika hasilnya empat digit) pertama sudah jelas mewakili angka bulan. Pada akhirnya, dua digit terakhir sudah pasti menunjukkan tanggal kelahiran karena hanya terdiri dari 1-31. Berapa pun angkanya selama kurang dari 100 (apalagi hanya 1-31), jika ditambahkan dengan 0 pasti hasilnya angka itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar